About LPG


GAMBARAN UMUM LPG

LPG merupakan senyawa hydrocarbon yang dikenal sebagai butana, Propana, Isobutana atau campuran antara Butana dengan Propana. Secara umum LPG bersifat :

  • Berat jenis gas LPG lebih besar dari udara, yaitu :
    • Butana mempunyai berat jenis dua kali berat jenis udara.
    • Propana mempunyai berat jenis satu setengah kali berat udara.
  • Tidak mempunyai sifat pelumasan terhadap metal.
  • Merupakan Solvent yang baik terhadap karet, sehingga perlu diperhatikan terhadap kemasan atau tabung yang di pakai.
  • Tidak berwarna baik berupa cairan maupun dalam bentuk gas.
  • Tidak berbau. Sehingga untuk kesalamatan, LPG komersial perlu ditambah zat odor, yaitu Ethyl Mercaptane yang berbau menyengat seperti petai.
  • Tidak mengandung racun.
  • Bila menguap di udara bebas akan menbentuk lapisan karena kondensasi sehingga adanya aliran gas.
  • Setiap kilo gram LPG cair dapat berubah menjadi kurang lebih 500 liter gas LPG.

KEGUNAAN SEHARI-HARI

Sebagai sumber energi (bahan bakar), digunakan oleh tangga untuk memasak, penerangan, water heater, gas stoves, rice cookers, seterika, dan semacamnya. Secara umum, LPG digunakan oleh restoran, rumah makan, rumah sakit, laboratorium. Industri yang menggunakan LPG sebagai bahan bakar adalah pabrik-pabrik, penyulingan, perusahaan keramik, dok perkapalan, bengkel dan semacamnya. Selain digunakan sebagai bahan bakar, gas LPG digunakan pula sebagai bahan penekan. Digunakan untuk hasil produksi yang berjenis spray, seperti deodorant, minyak wangi spray, cat pylox, dan kosmetik sejenisnya.

JENIS YANG DIPASARKAN

Jenis produk yang ditawarkan PERTAMINA agar dimanfaatkan oleh konsumen adalah jenis LPG campuran antara Propana dan Butama.

Ciri-cirinya adalah :

  1. Berbentuk cair.
  2. Mempunyai daya pemanasan yang tinggi karena mempunyai nilai kalori yang relatif lebih tinggi per-satuan beratnya dibanding bahan bakar lain untuk kegunaan yang sama.
  3. Tingkat polusi udara dari gas buang rendah dan tidak meninggalkan residu apabila menguap.
  4. Bersih, tidak beracun, tidak berwarna, mudah dan aman dalam pengangkutan dan penyimpanannya.
  5. Tidak menyebabkan pengkaratan pada besi dan tabung kemasan..

CIRI KHAS LPG

Bahan bakar gas cari LPG mempunyai ciri khas sebagai berikut :

  1. Sensitif terhadap api.
  2. Mudah terbakar.
  3. Tidak berwarna dan berbau.

Untuk mengetahui kebocoran pada tabung gas, bahan bakar iini diberikan aroma khusus (gas MERCAPTANE) yang berbau seperti petai. Bau ini amat menusuk hidung, sehingga bila tabung bocor dapat segera terdeteksi dan dapat ditanggulangi secepatnya.Sepintas lalu, tapaknya bahan bakar gas ini berbahaya. Namun anda tidak perlu khawatir, dengan penggunaan yang tepat bahan bakar ini justru menghemat waktu, memudahkan anda saat memasak dan aman bagi anda sekeluarga. Kompor LPG berpemantik api otomatis, membuat anda tidak perlu menyediakan korek api setiap hari.

SIFAT KHAS LPG

Perlu diketahui, gas LPG bersifat FLAMMABLE (mudah terbakar). Dalam batas FLAMMABALITY, LPG adalah sumber api yang terbuka. Sehingga letup (percikan api) yang sekecil apapun dapat segera menyambar gas LPG.

Maka pastikan bahwa bau gas LPG telah hilang sama sekali dari dalam rumah, walaupun membutuhkan waktu yang agak lama. Hal ini karena sifat gas LPG yang sangan lamban berputar di udara.

SIFAT UMUM LPG

Sebagai bahan bakar, gas LPG mudah terbakar apabila terjadi persenyawaan di udara. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan perlu diketahui beberapa sifat umumnya.

  1. Tekanan gas LPG cukup besar, sehingga bila terjadi kebocoran LPG akan membentuk gas secara cepat, memuai dan sangat mudah terbakar.
  2. LPG menghambur di udara secara perlahan sehingga sukar mengetahuinya secara dini.
  3. Berat jenis LPG lebih besar dari pada udara sehingga cenderung bergerak kebawah.
  4. LPG tidak mengandung racun.
  5. Daya pemanasannya cukup tinggi, namun tidak meninggalkan debu dan abu (sisa pembakaran).
  6. Cara penggunaanya cukup mudah dan praktis.

Pada dasarnya tujuan penggunaan bahan bakar gas LPG semata-mata untuk memudahkan perkerjaan rutin sehari-hari. Dengan konsep CEPAT, TEPAT dan AMAN, LPG siap membantu mewujudkan angan-angan sekeluarga.Bila akan keluar rumah, pastikan peralatan LPG dalam keadaan OFF. Tombol penyalur gas, telah dimatikan sehingga tidak ada lagi gas yang keluar.

[back]

Download Artikel LPG Lainnya:

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: