Posted by: aptogaz | September 16, 2007

Sosialisasi Bahan Bakar Gas

seminar taksi

Pada bulan agustus 2007, telah dilaksanakan sosialisasi kepada Organda DKI tentang program konversi taksi dari bensin ke Bahan Bakar Gas (BBG).

Sosialisasi ini juga ajang untuk menjelaskan tentang apa dan bagaimana sistem Bahan Bakar Gas tersebut. Program konversi ini mendapat sambutan yang cukup baik dari para pemilik taksi dan mendukung jalannya program tersebut.

Ditargetkan sampai dengan akhir tahun 2007, ada sekitar 1500 mobil taksi yang di konversi ke Bahan Bakar Gas di seluruh Jakarta.


Responses

  1. Program konversi taksi dari bensin ke Bahan Bakar Gas (BBG) patut di diberikan apresiasi sendiri ketika negara kita sudah jauh tertinggal dibandingkan dengan negara lain. Sebut saja Pakistan yang menduduki ranking 3 dunia dalam penggunaan BBG.

    Program pemakaian energi alternatif bukanlah persoalan sederhana. Program konversi BBG adalah bagian dari komuitas ekonomi yang besar.Banyak pihak yang terlibat didalamnya seperti Gas Dealer, SPBG, konverter kit supplier, Lembaga Pembiayaan dan Konsumen. Memicu tumbuhnya penggunaan BBG harus dimulai dengan memicu pelaku ekonomi yang terlibat didalamnya.

    Pertama: disiapkan infrastrukturnya seperti SPBG. Jangan sampai kejadian terulang kembali dimana pembangunan SPBG tidak mengukur dengan tepat bagaiman sebuah SPBG dibangun. Sehingga penggunaan kompresor dan dispenser yang tepat akan menunjang kinerja SPBG itu. Tidak ada lagi mengisi lama. Yang penting aturan yang jelas bagi pelaku ekonomi SPBG sudah siap.

    Kedua: Aturan yang jelas tentang instalasi dan pengawasannya

    Ketiga: Pemerintah harus mampu membuat sistem pembiayaan dimana masyarakat pengguna BBG mempunyai solusi pembiayaan ketika armadanya harus diganti dengan BBG. Misalnya alokasi dana ke bank-bank dengan kredit murah.

    Kebijakan import atas semua perlalatan BBG. Insentif bagi pengguna BBG misalnya keringanan pajak bermotor dll

    Dengan cara demikian maka tumbuh industri baru dengan jejaringnya. Lapangan pekerjaan baru. Menyumbangkan pertumbuhan ekonomi baru.

    Nah…program pengadaan 1500 kit oleh DISHUB beberapa waktu lalu sebetulnya adalah kegiatan kontra produktif yang tidak mendorong tumbuhnya kegiatan ekonomi lantaran pembagian Kit gratis disaat semua infrastructure belum jelas arahnya dan semua SPBG yang ada masih perlu direvitalisasi. Ini akan mengulang kesalahan yang sama ketika BBG pertama kali di kenalkan.

    Lantas terdengar bahwa pemasangan yang buru-buru membuat beberapa mobil rusak. Situasi ini menambah kontra produktif pengembangan BBG di Indonesia. Stigma bahwa BBG berbahaya, ngisinya lama, isinya tidak sesuai semakin kuat.

    Anehnya, rahyat diuber – uber pajak lalu uang itu diberikan secara gratis kepada pengusaha taksi tanpa mengindahkan dampaknya pada pertumbuhan ekonomi. Rakyat membayar Pengusaha. Ironisnya tidak ada dampak apa-apa bagi perkembangan BBG dan pertumbhan ekonomi lantara tidak siapnya infrastruktur dan lebih parah lagi aturan tentang BBG juga belum ada.

    Alangkah bagusnya kalau dana itu di gelontorkan melalui bank-bank dengan sistem kredit murah. Bayangkan multiplier effect dalam kegiatan ekonominya. Aturan jelas, pembiayaan ada, infrastruktur siap..rakyat percaya dan senang

    Entah apa yang dikejar di balik semua ini.

  2. pak, mesin converter kit untuk mobil diesel ada tidak? saya menggunakan kijang diesel, Panther 2.5 PU dan mitsubishi PS 100. tolong berikan perincian dan penjelasannya. thnx

  3. ada pak.. silahkan hubungi e-mail kami untuk memastikannya…

    terima kasih.

  4. Pak saya pake panther 2.3 thn 1994, kalo pake converter kit harga termasuk pasang berapa?
    Terima kasih

  5. Maaf,boleh tanya?kalo kita mau jd pengusaha SPBG,kira2 bth modal berapa?

  6. informasih penggantian bahan bakar solar di ganti dengan gas , di mna bisa di pasang instalasinya ?

  7. Pak, saya pengguna mobil diesel Panther 2.5. Kiranya dimana saya bisa mendapatkan mesin converter kit. terima kasih

  8. program dishub ttg converter, apakah masih berlaku saat ini pak ?

  9. Saya tertarik dengan alat konversi gas.
    Apakah bisa digunakan untuk mobil keluaran tahun terakhir ?
    Mobil saya Toyota Innova apakah bisa dipasangin konverter tersebut ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: