Posted by: aptogaz | November 13, 2008

Penggunaan Bahan Bakar Gas Mendesak

trans - bandung

trans - bandung

Bandung, Kompas – Penggunaan bahan bakar gas untuk transportasi umum di kota-kota besar, termasuk Bandung, sudah mendesak. Hal itu untuk mengurangi dampak polusi dan pencemaran udara, serta menghemat penggunaan gas sekitar 15-20 persen dibandingkan dengan bahan bakar minyak karena pembakarannya lebih sempurna.

Hal itu diungkapkan pengamat transportasi Institut Teknologi Bandung, Ofyar Z Tamin, Selasa (14/10) di Bandung. Menurut dia, tingkat polusi di Bandung sudah tergolong tinggi sehingga perlu dilakukan penyelamatan. Untuk mendukung rencana itu perlu disiapkan infrastruktur pendukung lain seperti bengkel dan teknisi bersertifikat serta terakreditasi untuk servis kendaraan dengan bahan bakar gas. Selain itu, pelayanan pengisian bahan bakar gas (BBG) juga harus diperluas.

Menurut Deputi Direktur Bina Sarana Transportasi Perkotaan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Departemen Perhubungan RH Christiyono, saat ini stasiun pengisian BBG baru terdapat di Jakarta, Cirebon, Medan, Palembang, dan Surabaya. Pemerintah pusat akan membantu daerah yang berniat menggunakan BBG untuk transportasi umum.

“Tahun ini kami meniyiapkan anggaran untuk 2.700 converter kit yang dapat mengubah sistem bahan bakar kendaraan dari minyak ke gas. Harga satu unit converter kit Rp 10 juta-Rp 14 juta,” kata Christiyono.

Setiap kota diberi bantuan stimulan sebanyak 200 converter kit. Di Jawa Barat, kota yang telah mengajukan bantuan ke pemerintah pusat adalah Cirebon. Khusus untuk Kota Cirebon, akan diberi batuan 800 converter kit.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Timbul Butar Butar menyambut positif penggunaan BBG untuk transportasi umum. Namun, dia meragukan kelancaran pasokan gas ke daerah-daerah.

“Sekitar tahun 2003, pernah dibuat stasiun pengisian BBG (SPBG) di Bandung. Namun, lama-lama mangkrak karena pasokan gas tidak terjamin. Seharusnya, pengadaan SPBG dilengkapi dengan jaringan pipa gas,” ungkap Timbul.

Menurut Ofyar, pemakaian BBG dijamin aman jika pengendara rajin membersihkan saringan udara serta pencampur udara dan gas secara rutin setiap enam bulan sekali. (GRE)
GRE

disadur dari sini


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: